Rabu, 30 November 2016

60 Tahun Periode Bangsa Silih Berganti, Astra Tetap Setia Berkontribusi dan Membangun Negeri

https://malisaladini.blogspot.co.id/2016/11/60-tahun-periode-bangsa-silih-berganti_30.html

             Siapa tak kenal dengan Astra? Seluruh orang Indonesia pasti paham kalau Astra itu memang lah sebuah produk otomotif yang sudah terkenal, sudah besar, dan banyak diminati. Astra dikenal dengan suku cadangnya begitu mudah dicari, bahkan ada yang dibilang produknya lebih murah, dan lebih mencerminkan kebutuhan masyarakat kita. Itu lah satu petikan dari jawaban kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahkan sebagian besar dari masyarakat Indonesia pun menjadi pelanggan yang menggunakan produk dari Astra itu sendiri. Benarkah? Ya, PT. Astra Internasional, Tbk ialah sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi otomotif dengan markasnya bertempat di Jakarta sejak tahun 1957. Selisih sekitar 10-11 tahun dari usia kemerdekaan bukan? Tentu, maka tak heran jika Astra Internasional memang lah menjadi salah satu pendorong perekenomian bangsa, pemberi solusi akan setiap kebutuhan bangsa di bidang otomotif, maupun kontribusi sosial yang begitu besar bagi pembangunan bangsa.
            Bahkan Astra menjadi salah satu tujuan anak-anak bangsa untuk mencari rezeki. Banyak lulusan terbaik dari SMA/SMK, sarjana, bahkan pasca-sarjana yang ingin sekali berkiprah di Astra. Tak dipungkiri juga saya, sebagai seorang Sarjana pun ada keinginan ingin bergabung dengan Astra. Sebab seleksi Astra untuk rekruitmen pegawainya pun juga cukup ketat dengan ribuan saingan. Perjalanan panjang yang dimiliki Astra tentunya sangat lah membekas di hati masyarakat Indonesia, banyak masyarakat Indonesia yang memang menggantungkan diri untuk menggunakan produk otomotif dari Astra.
            Perlu diketahui bahwa dahulu pada tahun 1957 perusahaan ini dinamakan dengan PT Astra International Incorporated, dan pada tahun 1990 berubah nama menjadi PT Astra Internasional Tbk. Keberadaannya di bidang otomotif dapat diacungi jempol, karena hampir seluruh rakyat Indonesia jika di cek rumah ke rumah, pasti memiliki produk Astra. Astra sudah menjadi perusahaan otomotif paling dicari di kalangan masyarakat memang. Saat ini Astra Internasional kepemilikan sahamnya oleh PT. Trans Corp.
            Astra sudah memiliki banyak divisi usaha dan anak perusahaan, seperti di bidang otomotif yaitu PT Toyota Astra Motor (Toyota dan Lexus), PT Toyota Auto 2000 (Auto 2000), PT Astra Daihatsu Motor Indonesia (Isuzu), PT Astra Nissan Diesel Indonesia (Truk Nissan Diesel), PT Tjahja Sakti Motor (BMW dan Peugeot), PT Serasi Autoraya (TRAC), PT Serasi Mitra Mobil (Mobil 88), PT Astra Honda Motor (Honda), PT Astra Otoparts Tbk, PT Tunas Mobilindo Perkasa (Daihatsu). Di bidang Industri Astra Internasional memiliki PT Astra Agro Lestari Tbk. Di bidang pelayanan finansial memiliki PT Asta Credit Company, PT Toyota Astra Financial Services, PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), PT Federal Internasional Finance, PT Surya Artha Nusantara Finance, PT Bank Permata, PT Astra Aviva Life (Astra Life). Di bidang alat berat seperti PT United Tractors Tbk (Scania), PT Traktor Indonesia, PT Pamapersada Nusantara, PT Kalimantan Prima Persada. Di bidang Teknologi Informasi PT Astragraphia, PT Astra Graphia Information Technology-AGIST. Di bidang infrastruktur ada PT Aset Indonusa Tbk, PT Astratel Nusantara, PT Interntel Nusaperdana, PT Serasi Autoraya. Di bidang retail seperti PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
            Hebat bukan? Ya, terkait tentang suksesnya  berbagai perusahaan milik Astra Internasional. Begitu banyak perusahaan dari Astra Internasional, menjadi bukti nyata. Bukti nyata? Ya, sebagai perusahaan yang begitu banyak memberikan lowongan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia dari SMA, Sarjana, dan Pasca-Sarjana. Dari satu hal ini setidaknya Astra benar-benar memberikan kontribusi bagi bangsa selama 60 tahun ini untuk ikut serta memotong tali kemiskinan dan pengangguran. Dari para pegawai Astra Internasional ini ada berapa keluarga? Ada berapa jumlah kelaurga yang setiap harinya bergantung pada Astra Internasional untuk kehidupan sehari-harinya. Bahkan Jobplanet mencatat bahwa para pencari kerja paling meminati tiga perusahaan besar sebagai tujuan karier dan jaminan masa tua mereka yaitu PT Astra Honda Motor, PT Toyota Astra Motor, dan PT Astra Internasional Tbk. Bukan hanya anak-anak perusahaan yang menarik perhatian para pencari kerja, melainkan juga dengan Astra Group.
            Sejarah tidak bisa dipaksakan, tapi sejarah bisa berjalan seiring dengan cerita yang telah ditorehkan. Sejarah perekonomian di Indonesia, khsusunya di bidang otomotif, Astra menjadi pintu gerbang kontribusi bangsa. Seorang kenamaan John F. Kennedy menyatakan “jangan pernah tanyakan apa yang sudah Negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu”, Astra tanpa banyak ba-bi-bu, dalam perjalanannya memberikannya sebuah tinta emas bagi bangsa.

Rumah Pintar Terobosan Astra dalam Keilmuan
            Bukan hanya sekedar wacana, keberadaan Astra juga memberikan sentuhan dalam kemajuan pendidikan. Pada tahun 2013, Astra bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Astra bernama Michael D. Ruslim anak perusahaan dan SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Solidaritas Istri Kabinet Bersatu) menggagas dan membangun Rumah Pintar sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui pengetahuan dan keterampilan. Saat ini sudah ada 20 Rumah Pintar di 11 Provinsi. Rumah Pintar merupakan wahana tempat belajar bagi ibu dan anak pembelajaran. Rumah Pintar bergerak dalam bidang sentra buku, sentra alat, permainan edukatif, sentra audio visual, panggung, dan komputer.
            Astra berbagi pengetahuan dan keahlian dimiliki dari bangku-bangku sekolah. Program Astra dengan informasi praktis yang kami kuasai kepada sisa sekolah menengah atas. Astra bersama PT Astra Honda Motor, PT Asuransi Astra Buana, PT PAM Lynnoaise Jaya, PT Astra Credit Company, PT Astra World, Astra Daihatsu Motor, PT Astra Operation, PT Toyota Astra Motor, dan PT Astra Internasional Tbk. Toyota Sales Operation memberikan pengajaran keterampilan safety riding, cara hemat berkendara, konservasi air, teknologi otomatif, belajar kultur jaringan, hingga pemahaman tentang AIDS dan house keeping, kepada sekolah-sekolah.
http://csr-indonesia.com/2015/01/satu-indonesia-csr-nyata-kontribusi-astra/
           Astra juga menjadi gawang dalam program sekolah berkarya dan cinta lingkungan dengan adiwinata. Program Pendampingan Sekolah Adiwiyata merupakan program PT Astra Internasional Tbk dalam mendukung program Kementrian Agama dan Kementrian Lingkungan Hidup untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata (sekolah yang berwawasan berwawasan lingkungan). Pada tahun 2013, Astra mendampingi SDN 05 Kelurahan Sungai Bambu untuk dikembangkan menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri. Adanya pembinaan kebijakan dan kurikulum berbasis lingkungan, pengadaan fasilitas pengelolaan lingkungan, pembinaan ekstrakurikuler lingkungan, kegiatan partisipatif anak seperti mengikuti lomba lukis lingkungan, menanam pohon dan partisipasi dalam Astra Green Lifestyle Campaign, Hari Sampah Nasional dengan berbagai lomba lainnya, dan berpartisipasi menjadi Duta Anak Sekolah Aman Bencana.
Beasiswa Lestari Astra adalah program bantuan bagi siswa sekolah yang telah dilakukan Astra sejak lama dan dilakukan oleh hampir seluruh unit bisnis Astra. Beasiswa Lestari Astra juga merupakan kerjasama Astra Laziz Amaliah Astra dan PermataBank berupa bantuan beasiswa kepada warga yang kurang mampu di kantor pusat. Astra juga membina PAUD dalam menjadikan cikal-bakal pembangunan Astra memahami pendidikan dan pembelajaran yang tepat harus dimulai dari usia dini.


Astra Peduli Bumi, Cinta Lingkungan
            Astra dalam konsistensinya, juga memberikan apresiasi tertinggi pada lingkungan. Fokus pilar Astra juga merupakan pendidikan, lingkungan, IGA atau Usaha Kecil dan Menengah/Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kesehatan melalui yayasan. Astra merupakan korporasi perusahaan multifungsi yang memberikan banyak sumbangsih bagi masyarakat dan bangsa. Di bidang lingkungan Astra melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 26.700 biji.
http://theindonesiatimes.com/konsistensi-corporate-social-responsibility-csr-grup-astra/

            Astra Internasional juga aktif menggawangi dalam penyaluran air bersih bagi masyarakat sekitar. Water Treatment Plant (WTP) di Kampung Berseri Astra yang terletak di Kampung Keputih Tegal Timur, Surabaya, Jawa Timur. Kampung Berseri Astra merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas, dan produktif yang mewakili empat pilar Corporate Social Responbility (CSR) yang dijalankan oleh Astra. Bahkan Kampun Berseri ini merupakan sebuah terobosan yang diberikan Astra melalui program yang komprehensif, karena memasukkan seluruh pilar CSR Astra.


Astra Peduli Usaha Kecil
            Astra juga merupakan sebuah korporasi yang berada di tengah-tengah masyarakat dalam kontribusinya melalui peningkatan usaha kecil. Adanya program Dana Bergulir pada tanggal 28 Agustus 2014 dalam perseoran yang memberikan bantuan dana bergulir pada 49 UKM di Kepala Gading dan 5 UKM di Kampung Batik Laweyan, Solo. Selain itu Astra juga memberikan pelatihan-pelatihan berujung pada keterampilan seperti keterampilan teknisi AC. Tujuan utama dari program ini ialah menjadikan masyarakat memiliki keahlian untuk mandiri dan menghasilkan sinergi yang baik.
            Selain itu Astra juga konsisten memberikan Income Generating Activities pada tahun 2013 lalu. Astra Otopartas memberikan bantuan senilai Rp 50 juta kepada Forum Pengembangan Kampun Batik Lawyan (FPKBL) di Solo. Bantuan ini digulirkan oleh Astra kepada para pembatik di Kawasan Girli atau Pinggir Kali di area Kampung Batik Laweyan yang sedang sedang diupayakan sebagai pengrajin Batik yang ramah lingkungan, dengan menggunakan pewarna alam, dan dengan proses produksi yang tatap ramah lingkungan.
Astra Otoparts juga memberikan sumbangsih di masyarakat di Desa Selang Cau, Wanasari, Cibitung untuk Pembudidayaan Lele Sangkuriang. Program ini terdiri daridari beberapa tahap persiapan, diantaranya ialah survai lokasi, diskusi dengan masyarakat sekitar, hingga penyelenggaraan pelatihan budidaya lele, dan kewirasusahaan.

Astra dalam Pengembangan Masyarakat
                Astra juga melakukan banyak kepedulian bagi masyarakat seperti adanya program budaya betawi pada tanggal 25 Juni 2014. Astra Otoparts bersama anak perusahaannya yang berada di regional Jakarta meresmikan program budaya Betawinya yang berisi kegiatan pelestarian silat Beksi tradisional dan tarian tradisional Betawi. Selain itu Astra juga peduli dalam kegiatan rohani yaitu buka bersama rutin saat bulan Ramdhan.
Astra juga menggulirkan berbagai kegiatan social seperti adanya pembagian sembako. Astra pada tanggal 15 Juli 2014 memberikan sembako gratis kepada 1050 kepala keluarga dan yatim piatu yang berdomisili di Kelurahan Pegangsaan Dua. Kegiatan ini merupakan kerjasama Astra Otoparts dengan anak perusahaan diantaranya AOP Divisi Nusametal, Gemala Kempa Daya,Inti Ganda Perdana, Akebono Brake Astra Indonesia, dan Astra Honda Motor.

Astra Peduli Indonesia Lebih Sehat
            Dalam ikut serta mewujudkan Indonesia sehat, Astra memiliki tanggungjawab untuk saling bahu-membahu dalam terciptanya kondisi kesehatan masyarakat yang baik, pada tahun 2015 Perseroan melakukan pembinaan posyandu melalui program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk anak-anak usia dini setiap bulan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui kerjasama banyak pihak termasuk bagaimana cara Astra dalam bersosialisasi kepada para kelurahan.
            Astra juga memberikan kepedulian akan maraknya penyakit mematikan yang diakibatkan oleh nyamuk. Karya Bhakti PSN (Pemberatasan Sarang Nyamuk), pada tanggal 1 Februari 2014, Astra Otoparts mendukung kegiatan Karya Bhakti bersama TNI (Koramil, Yon Arhanud 06 dan Kodim). Kegiatan yang dilakukan Astra ini merupakan langkah dalam pencegahan pasca-banjir.
            Astra pun ikut turun tangan mengembalikan kesehatan psikis dan jasmani bagi korban erupsi gunung Kelud melalui kegiatan renovasi sekolah. Pada tanggal 13 Februari 2014 menjelang tengah malam, terjadi erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur. Kurang lebih ada 214 sekolah dengan sasaran 16.000 siswa yang menjadi korban bencana erupsi gunung. Hal ini cukup memberikan ketenangan bagi peserta didik dalam proses belajar.

Paket Lengkap Astra Menjadi Sinergi Pembangunan Bangsa
            Astra memang lah sebuah korporasi besar yang memiliki paket lengkap, baik itu produk dan layanan, SDM, dan kontribusi sosial. Dan semuanya merupakan hal positif dan bermanfaat bagi kelanjutan Astra. Kontribusi sosial yang dimiliki Astra dengan 4 pilar yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Sehingga sebuah korporasi tidak dinilai dari bagaimana mereka menjadikan bangsa itu sebagai “sapi perah”. Tapi justru kontribusi dari korporasi yang besar bagi seluruh aspek masyarakat. Kepiawaian pelaku Astra dalam memainkan bisnis otomatif ternyata didasari dengan filosofi yang luhur bagi bangsa Indonesia melalui SATU (Semangat Astra Terpadu untuk SATU Indonesia. Maka tak heran bahwa Astra menjadi korporasi di bidang otomatif yang menempati urutan ke-satu dari berbagai bidang.
            Bila banyak korporasi besar yang menjadikan tenga kerja dalam mencapai puncak kejayaannya dengan memberikan upah yang di bawah standard. Tapi ini tidak berlaku bagi Astra. Astra memiliki sistem upah yang sesuai standard dengan keahlian dan dedikasinya terhadap Astra. Setiap tahunnya Astra sangat menarik perhatian para pencari kerja baik itu pemuda berprestasi maupun masyarakat yang sudah berpengalaman.
            Kini tinggal bagaimana kita memaknai sebuah kekaguman kita terhadap PT Astra Internasional Tbk. Akankah kita menjadi pasif terhadap sebuah kemajuan korporasi yang diimbangi dengan nilai-nilai kemakmuran bagi masyarakat Indonesia, atau justru mendukungnya. Banyak hal yang dapat kita jabarkan mengenai Astra. Tapi Astra merupakan sebuah bukti nyata dari kesolidan perseroan, prinsip kemajuan, dan kontribusinya terhadap masyarakat.

5 komentar:

Kontribusi Bagi Bangsa Melalui Pendidikan: Dataprint Sahabat Printerku, Dataprint Sahabat Beasiswaku

Semua pihak harus ikut peduli bagi pendidikan bangsa Indonesia? Ya, pendidikan ialah jantung hidup bangsa kita. Dari pendidikan lah, terla...